Pilihan dalam Pengembangan Aplikasi Mobile

Ada pepatah mengatakan “banyak jalan menuju roma”, pepatah tersebut sangat cocok untuk mengasumsikan dalam pemilihan jalan dalam membuat aplikasi mobile.

Ada beberapa pilihan dalam membuat aplikasi mobile yaitu  native apps, Hybrid atau Web mobile.

Dasar dalam melakukan pemilihan ini adalah salah satu caranya melihat siapa pelanggannya dan perangkat apa yang mereka gunakan.

Perlu untuk mengetahui karakteristik setiap pilihan, sehingga dapat memilih dengan tepat.

 

a. Adaptive Design

Cara ini menggunakan teknik membuat View (style) yang berbeda untuk ukuran layar yang berbeda atau perangkat yang berbeda. Hal ini memungkinkan untuk menyesuaikan tampilan situs untuk setiap perangkat, tanpa perlu situs web mobile yang terpisah.  Yg dibutuhkan adalah mengetahui ukuran layar dan perangkat yang ditargetkan.

 

b. Responsive Design

Desain ‘Responsif’ tidak mengharuskan untuk mengetahui ukuran layar target dari awal mula. Halaman ini akan mengatur ulang konten terus-menerus karena ukuran layar berubah. Mengambil pendekatan desain ‘responsif‘ berarti bahwa situs akan dioptimalkan untuk semua potensi dimensi layar.

 

c. Web App

Biasanya dibangun dengan HTML5, CSS3 dan JavaScript.  Aplikasi Web akan bekerja pada perangkat yang menggunakan browser web mobile modern yg membuatnya universal; aplikasi lintas platform. Terbatas dalam fungsi dan pengalaman pengguna dengan apa yang dapat diberikan di dalam browser. Aplikasi ini tidak dapat menggunakan perangkat teknologi tertentu (seperti kamera), bluetooth dll.

 

d. Aplikasi hybrid

Aplikasi hybrid adalah aplikasi web yang ditransformasikan menjadi kode native pada platform seperti iOS atau Android. Aplikasi hybrid biasanya menggunakan browser untuk mengijinkan aplikasi web mengakses berbagai fitur di device mobile seperti Push Notification, Contacts, atau Offline Data Storage. Beberapa tools untuk mengembangkan aplikasi hybrid antara lain Phonegap, Rubymotion dan lain-lain.

e. Native App 

Dapat menggunakan teknologi  yang luas di perangkat mobile seperti compass, gyroscope, storage (offline dan cloud), Near Field Communications (NFC), dan kamera. • Memungkinkan akses native kontrol UX. • Aplikasi native tidak lintas platform.

 

Be the first to comment on "Pilihan dalam Pengembangan Aplikasi Mobile"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.