Pengenalan Sistem Operasi Android

logo android

Apa itu Android?

 

Android adalah Sistem Operasi open source yang berbasis Linux untuk perangkat mobile seperti smartphone dan komputer tablet. Android dikembangkan oleh Open Handset Alliance, yang dipimpin oleh Google, dan perusahaan lainnya.

Android menawarkan pendekatan terpadu untuk pengembangan aplikasi untuk perangkat mobile,  yang berarti pengembang hanya perlu focus membuat aplikasi untuk Android, dan aplikasi mereka akan mampu berjalan pada perangkat yang berbeda yang menggunakan OS Android.

Versi beta pertama dari Android Software Development Kit (SDK) dirilis oleh Google pada tahun 2007 dimana versi komersial pertama, Android 1.0, dirilis pada bulan September 2008.

Pada tanggal 27 Juni 2012, pada konferensi Google I / O, Google mengumumkan versi Android berikutnya, 4.1 Jelly Bean. Jelly Bean adalah update inkremental, dengan tujuan utama meningkatkan antarmuka pengguna, baik dari segi fungsi dan kinerja.

Kenapa Memilih Android?

Fitur – Fitur Android

 

 

Aplikasi Android

Aplikasi Android biasanya dikembangkan dengan bahasa pemrograman  JaAa menggunakan Android Software Development Kit.

Aplikasi Android dalam bentuk file .APK dan dapat dijual atau diupload melalui toko online seperti Google Play, SlideMe, Opera Mobile Store, Mobango, F-droid dan Amazon AppStore.

Android telah memperkuat ratusan juta perangkat mobile di lebih dari 190 negara di seluruh dunia. Setiap hari lebih dari 1 juta perangkat Android baru diaktifkan di seluruh dunia.

 

Kategori Aplikasi Android

Terdapat beragam aplikasi android di play store, berikut adalah kategori yang populer.

 

Perkembangan Android

Sistem opereasi Android telah mengalami perkembangan yang cukup cepat sejak diluncurkannya. Berikut adalah nama-nama versi android: seperti Aestro, Blender, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat dan Lollipop …

API Level

API Level adalah nilai integer yang unik menunjukkan  revisi framewok API yang disediaka oleh platform Android.

 

 

Arsitektur Android

Sistem operasi Android disusun oleh beberapa komponen software yang dibagi menjadi lima bagian dan empat lapisan utama seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Lapisan Aplikasi

Di lapisan manakah berada Aplikasi android yang kita buat? Aplikasi android yang kita buat akan berada pada lapisan yang paling atas ini.  Contoh aplikasi seperti Kontak Buku, Browser, Game dll

Komponen Aplikasi Android

Aplikasi android tersusun oleh satu atau lebih komponen utama dari Android. Komponen-komponen ini didefinisikan dalam sebuah file yang bernama AndroidManifest.xml

Activities

Mengatur UI dan menangani interaksi pengguna ke layar smartphone

Services

Menangani pemrosesan latar belakang yang terkait dengan aplikasi.

Broadcast

Menangani komunikasi antara OS Android dan aplikasi.

Content Providers

Ini menangani masalah manajemen database.

Komponen Lainnya

Fragments Bagian kecil dari user interface pada sebuah Activity.
Views Elemen – elemen UI yang diletakkan pada layar seperti, button, list, form dll.
Layouts Mengontrol tampilan pada layar
Intents menangani pertukaran msg.
Resources Elemen – elemen lain seperti string,  konstanta, icon-icon, dan gambar
Manifest File konfigurasi.

 

 

Konsep Pemrograman

•  Konsep yang dipakai adalah memisahkan coding untuk logic (algoritma) dan coding untuk tampilan aplikasi (user interface).

•  Untuk coding logic (algoritma) menggunakan Java dan untuk tampilan menggunakan XML

Komponen Android

•  Activity

•  Service

•  Content Provider

•  Broadcast receivers

Activity

•  Aplikasi bisa memiliki satu activity  atau lebih.

•  Setiap activity memiliki daur hidup.

•  Jika saat ini activity sedang running, mungkin selanjutnya aplikasi kita berhenti sebentar (pause) atau memang benar-benar dimusnahkan, hilang dari memori (destroy).

Android Activity Lifecycle

Android adalah open source dan Sistem Operasi berbasis Linux untuk perangkat mobile seperti smartphone dan komputer tablet. Android dikembangkan oleh Open Handset Alliance, yang dipimpin oleh Google, dan perusahaan lainnya.
Android menawarkan pendekatan terpadu untuk pengembangan aplikasi untuk perangkat mobile yang berarti pengembang hanya perlu mengembangkan untuk Android, dan aplikasi mereka harus mampu berjalan pada perangkat yang berbeda didukung oleh Android.
Versi beta pertama dari Android Software Development Kit (SDK) dirilis oleh Google pada tahun 2007 dimana versi komersial pertama, Android 1.0, dirilis pada bulan September 2008.
Pada tanggal 27 Juni 2012, pada konferensi Google I / O, Google mengumumkan versi Android berikutnya, 4.1 Jelly Bean. Jelly Bean adalah update inkremental, dengan tujuan utama meningkatkan antarmuka pengguna, baik dari segi fungsi dan kinerja.

Sistem operasi Android adalah tumpukan komponen software yang dibagi menjadi lima bagian dan empat lapisan utama seperti yang ditunjukkan di bawah ini dalam diagram arsitektur.

Aktivitas Mereka mendikte UI dan menangani interaksi pengguna ke layar ponsel pintarLayanan Mereka menangani pemrosesan latar belakang yang terkait dengan aplikasi.Broadcast Penerima Mereka menangani komunikasi antara OS Android dan aplikasi.Penyedia konten Mereka menangani masalah manajemen database data dan.

Be the first to comment on "Pengenalan Sistem Operasi Android"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.