Arsitektur Sistem Operasi Android

arsitektur-android

Sistem operasi Android dibangun berdasarkan kernel Linux dan memiliki beberapa arsitektur , sehingga dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan dan fungsionalnya. Arsitektur android digambarkan seperti di bawah ini:

 

Penjelasan:

Applications
Lapisan Applications ini adalah lapisan pertama pada OS Android, biasa dinamakan lapisan Applications danWidget. Lapisan ini merupakan lapisan yang berhubungan dengan aplikasi-aplikasi inti yang berjalan pada Android OS. Seperti klien email, program SMS, kalender, browser, peta, kontak, dan lain-lain. Semua aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa Java.

Application Framework
Pada lapisan ini, pengembang memiliki akses penuh ke dalam aplikasi inti Android. Pengembang dapat dengan mudah mengakses informasi lokasi, mengatur alarm, menambahkan pemberitahuan ke status bar dan lain sebagainya. Application Framework ini telah didesain khusus agar komponen-komponen yang telah disediakan dapat digunakan kembali. Di dalam App android framework ini, developer memiliki hak penuh dalam pengembangan dari tool-tool dasar yang telah disediakan. Framework telah didesain khusus agar komponen-komponen yang telah disediakan dapat digunakan kembali.

Libraries
Lapisan ini berisi satu set libraries dalam bahasa C/C++ yang digunakan oleh berbagai komponen pada sistem android. Pada umumnya libraries diakses untuk menjalankan aplikasi.

Android Runtime
Lapisan yang membuat aplikasi Android dapat dijalankan dimana dalam prosesnya menggunakan implementasi Linux. Android Runtime dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • ┬áCore Libraries, Aplikasi Android dibangun dalam bahasa Java, sementara Dalvik sebagai virtual mesinnya bukan VirtualMachine Java, sehingga diperlukan sebuah libraries yang berfungsi untuk menerjemahkan bahasa Java/C yang ditangani oleh Core Libraries ini.
  •  Dalvik Virtual Machine, Virtual mesin berbasis register yang dioptimalkan untuk menjalankan fungsi-fungsi secara efisien, dimana merupakan pengembangan yang mampu membuat linux kernel untuk melakukan threading dan manajemen tingkat rendah.

Linux Kernel
Linux Kernel merupakan lapisan tempat keberadaan inti dari sistem operasi android. Lapisan ini berisi file-file sistem yang mengatur system processing, memory, resource, drivers, dan sistem android lainnya. Inilah yang membuat file sistem pada Android mirip dengan file sistem pada sistem operasi berbasis Linux. Kernel yang digunakan adalah kernel Linux versi 2.6, dan versi 3.x pada Android versi 4.0 ke atas.

Be the first to comment on "Arsitektur Sistem Operasi Android"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.